8 Aturan Mencukur buat Pria agar Kulit Tidak Iritasi




Terkadang, kita sebagai pria tak punya waktu cukup atau seringnya kelupaan mencukur bulu-bulu di wajah, seperti bulu kumis, janggut (jenggot), cambang, hingga menggunduli kepalanya sendiri bahkan teman atau anak sampai plontos.

Karena tak punya cukup waktu itu, biasanya acara mencukur jadi agak terburu-buru. Dengan terburu-buru, pria seringnya langsung mencukur bulu-bulu atau rambut mereka secara langsung, alis langsung menggunakan pisau cukur ke lokasi yang ingin dipotong tanpa persiapan apapun.

Atas sebab itu, sering para pria atau rekan mereka mengalami apa yang namanya iritasi kulit pada wajahnya. Contohnya seperti warna kulit yang memerah, atau lebih merah dari normal biasanya. Jelas, akibat dari mencukur itu bisa membuat penampilan kurang segar hingga kurang menarik.

Nah agar tidak menimbulkan iritasi. Ada baiknya para pria menyimak sejumlah tips berikut ini. Yang dirangkum oleh situs Times of India sebagai 12 aturan mencukur yang harus ditaati oleh mereka.

Tips atau aturan ini dibuat tidak sembarangan. Karena atas dasar pengalaman langsung dari seorang dermatologis plus tukang cukur profesional lho. Semoga bermanfaat ya.


1. Bersihkan Wajah
Sebelum mencukur, sebaiknya membersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun pembersih wajah dan air hangat. Hindari penggunaan air panas, karena air panas dapat menyebabkan kulit lebih kering dan menyebabkan iritasi.

2. Diamkan 10 menit
Ketika bangun tidur, wajah pasti telihat bengkak pada biasanya. Jika Anda memiliki luka di bagian wajah, berikan jeda 10 menit sebelum mencukur. Karena wajah Anda sudah memiliki permukaan yang lebih baik.

3. Berikan Jeda
Disarankan untuk bercukur satu hari dalam seminggu. Hal ini memberikan kulit wajah untuk beristirahat.

4. Gerakan Melingkar
Ketika menggunakan gel cukur atau krim, gunakan dengan gerakan melingkar. Rambut akan tumbuh dengan beberapa arah yang berbeda dan dengan mengoleskan busa ke beberapa daerah yang tidak tumbuh bulu.

5. Tidak ditekan
Banyak pria mencukur dengan menekan lebih keras, dengan maksud menekan mereka akan mendapat potongan yang sempurna.

Tetapi pisau cukur saat ini telah dirancang secara modern untuk bekerja dengan tekanan yang relatif kecil yang dapat mengindari terjadinya iritasi. Tidak dengan mendorong pisau, tetapi hanya terapkan dengan menjaga pisau dengan kulit.

6. Air Panas                                               
Untuk menghindari iritasi pada wajah sesudah mencukur, gunakan uap mandi. Udara panas akan membantu membuka folikel rambut dan melembutkan rambut.

7. Potonglah dengan alur
Jika rambut Anda tumbuh ke samping, cukur dengan pisau paralel. Jangan mencukur dengan melawan arus.

8. Gunakan Minyak
Jika mudah teriritasi, kulit sensitif sebaiknya menggunakan minyak cukur untuk mengurangi sensitifitas.

9. Gunakan Lidah buaya
Keseringan mencukur sering terjadi iritasi dan kering pada pria. Gunakan gel lidah buaya untuk membantu menenangkan dan melembabkan kulit.

10. Jangan gunakan kandungan alkohol
Kandungan alkohol tinggi dapat mengeringkan kulit dan mengakibatkan iritasi pada kulit. selain itu dapat menghilangkan pertahanan kulit alami dan dapat mempercepat penuaan kulit. Gunakan pelembab untuk melembabkan kulit.

11. Pelan dan tetap pendek
Jika Anda menggunakan alat cukur listrik dengan kecepatan 100 mph atau lebih, Anda kemungkinan akan menderita luka bakar. Turunkan kecepatan alat cukur Anda dan mencukur dengan ukuran yang lebih pendek, idealnya 2 cm.

12. Perhatikan Pisau Anda
Pisau adalah hal yang sangat penting untuk mencukur. Jangan menggunakan pisau tumpul yang dapat mengakibatkan kemerahan dan iritasi dan rambut tercukur dengan tidak merata. Ganti pisau cukur Anda satu sampai dua minggu.


Thats All, sekian dulu infonya yah..
Semoga bermanfaat