Konsep Pesawat Masa Depan, Kabin Lontar



MOSKOW - Seorang insinyur penerbangan mengungkapkan konsep “gila” sebuah rancangan pesawat di masa depan untuk menyelamatkan semua penumpang ketika dalam kondisi darurat. Konsep itu menggambarkan bagaimana pesawat yang sedang mengudara bisa melepaskan bagian kabin yang di dalamnya berisi semua penumpang.

Setelah lepas, kabin pesawat itu nantinya turun dengan parasut yang sudah terpasang. Selain parasut juga ditawarkan ide memasang karet tabung yang bisa mengembang di bagian bawah kabin untuk mengantisipasi jika badan pesawat itu jatuh ke laut.



Konsep insinyur bernama Vladimir Tatarenko itu merupakan cara baru penyelamatan banyak nyawa penumpang yang belum pernah muncul sebelumnya. "Bertahan dalam kecelakaan pesawat adalah hal mungkin,” kata Vladimir Tatarenko kepada LiveLeak.

”Sementara insinyur pesawat di seluruh dunia sedang mencoba untuk membuat pesawat lebih aman, mereka tidak dapat melakukan apa-apa terkait faktor manusia,” lanjut sang insinyur, yang dilansir Daily Mail, Sabtu (16/1/2016).

Tatarenko adalah tokoh di balik desain radikal itu. Menurutnya, ide itu telah dicoba diterapkan pada proyek yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir ini.

Dalam video demonstrasi desain  pesawat dari konsep Tatarenko, ada adegan kabin terlepas dari pesawat yang sesaat kemudian muncul dua parasut di atas kabin yang tujuannya mendaratkan badan pesawat dan semua penumpang di dalamnya secara aman.

Ada juga tabung karet yang mengembang untuk bisa membuat kabin bertahan atau mengapung di atas laut atau air. ”Teknologi yang ada menggunakan kevlar dan karbon komposit untuk pesawat, sayap, flaps, spoiler, ailerons dan ekor,” ujarnya. ”Hal ini memungkinkan untuk mengimbangi berat sistem parasut,” imbuh dia.

Meski belum teruji, namun ide insinyur itu merupakan inovasi terbaru di dunia penerbangan.