Presiden Argentina Sumbangkan Semua Gaji untuk Orang Miskin



Presiden baru Argentina; Mauricio Macri, menyumbangkan seluruh gajinya untuk orang-orang miskin melalui dapur umum di Buenos Aires yang dikelola badan amal swasta. Gaji Presiden Macri sebesar 100 ribu peso atau sekitar Rp104 juta per bulan (belum dipotong pajak).

Setelah dipotong pajak, gaji yang dia terima sekitar 61 ribu peso. Presiden baru Argentina itu, merupakan politikus konservatif yang berasal dari keluarga pebisnis yang kaya.

Menurut laporan Jamaica Observer, hari Jumat, Presiden Macri bersiap menandatangani penyaluran sumbangan gajinya ke badan amal swasta. Sumbangan itu dibutuhkan sekitar 1.800 warga miskin setiap harinya yang ada di lingkungan Villa Soldati, Buenos Aires.

Menyumbangkan gaji untuk amal ternyata sudah menjadi tradisi mantan eksekutif klub sepak bola itu. Ketika Macri menjabat sebagai Wali Kota Buenos Aires, dia juga melakukan hal serupa.

Presiden berusia 56 tahun itu resmi dilantik pada tanggal 10 Desember 2015. Dia telah menerapkan serangkaian reformasi pasar bebas yang bertujuan menghidupkan kembali perekonomian Argentina yang lesu.